Kasmiati, Kasmiati (2023) Implementasi Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (3). pp. 3067-3076. ISSN 2549-8959
impelemntasi metode langsung dalam pembelajaran bahasa arab - turnitin.pdf
Download (2MB)
pembelajaran metode langsung bahasa arab pdf.pdf
Download (329kB)
Abstract
Tahap perkembangan terbaik anak untuk belajar bahasa Arab ada pada fase usia dini. Pengenalan pembelajaran bahasa Arab di satuan penidikan harus dilakukan sejak anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi belajar bahasa Arab dengan metode langsung di satuan pendidikan anak usia dini. Penelitian yang digunakan adalah dengan paradigma kualitatif-deskriptif-tekstual. Adapun dokumen teks yang dikaji adalah fenomena pembahasan terkait dengan pembelajaran langsung bahasa Arab dan perkembangan berbahasa pada anak usia dini. Kedua fenomena ini dikategorisasikan dalam wacana pembelajaran langsung bahasa Arab untuk anak usia dini yang deskripsi wacananya bersumber dari artikel-artikel yang sudah dipublikasikan di jurnal ilmiah dan buku-buku referensi. Sumber data berupa dokumen teks ini kemudian dikumpulkan melalui teknik membaca dan mencatat. Teknik analisis data dilakukan dengan mengkaji data berdasarkan pada sudut pandang keilmuan yang digunakan, menganalisis dan mengkritis data yang telah dikaji dengan komprehensif, dan menyejikan hasil dalam temuan-temuannya. Hasil penelitiannya adalah usia terbaik untuk belajar bahasa Arab adalah anak usia dini. Lingkungan satuan pendidikan anak usia dini bisa menjadi tempat pendidikan dalam mengenalkan bahasa Arab dengan menggunakan metode langsung.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode langsung; bahasa Arab; anak usia dini |
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Abu Bakri |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:00 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:00 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3863 |