Setiawan, Abdul Kholiq (2024) Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di SMP Al Azhar Mandiri Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
SKRIPSI Abdul Kholiq Setiawan.pdf
Download (5MB)
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa dalam penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMP Al-Azhar Mandiri Palu guru menerapkannya dengan cukup sederhana dimana guru agamanya memilih peserta didik yang dinilai telah cukup menguasai materi dengan baik dalam hal ini membaca dan menulis Al-Qur’an, kemudian ditugaskan untuk menjadi tutor untuk memberikan bimbingan belajar kepada teman sebayanya di dalam kelas, kemudian guru membagi dari total jumlah peserta didik di dalam kelas untuk menjadi beberapa kelompok pada setiap kelompoknya terdapat satu orang peserta didik yang ditugaskan oleh guru agamanya sebagai tutor untuk membantu teman sebayanya yang mengalami kesulitan belajar atau belum memahami materi pembelajaran dengan baik dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dan tetap diawasi langsung oleh guru pendidikan agama islam mereka. Adapun efektivitas dari penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMP Al Azhar Mandiri Palu masih kurang efektif. Hal ini disebabkan oleh beberapa kendala seperti waktu pelaksanaan yang singkat, ketidakseriusan sebagian peserta didik dalam belajar, rasa malu untuk bertanya, dan kesulitan bagi guru dalam menentukan tutor yang tepat. Meskipun demikian, terdapat beberapa kelebihan dari metode tutor sebaya yang diterapkan di sekolah ini seperti kesempatan bagi peserta didik yang ditugaskan sebagai tutor untuk melatih rasa tanggung jawab dan kesabaran mereka, serta mempererat hubungan sesama peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Abu Bakri |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 02:47 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 02:47 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3954 |