Peran Guru Bahasa Arab Dalam Menarik Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Mahārah Al-qirā’ah di MTs Muhammadiyah Nunu Palu

Idris, Anisa (2024) Peran Guru Bahasa Arab Dalam Menarik Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Mahārah Al-qirā’ah di MTs Muhammadiyah Nunu Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of ANNISA SKRPSI 2024.pdf] Text
ANNISA SKRPSI 2024.pdf

Download (704kB)

Abstract

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam menarik minat peserta didik pada pembelajaran mahārah al-qirā ah MTs Muhammadiyah Nunu Palu adalah sebagai sumber belajar serta dapat juga sebagai pembimbing maupun motivator, ini dapat digunakan untuk menilai efektivitas bimbingan seorang guru dalam mengajar dan menarik minat peserta didik sehingga peserta didik terlibat dalam proses pembelajaran. Adapun peluang guru bahasa Arab adalah mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari agar dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik.
Adapun, tantangan yang dihadapi guru bahasa Arab adalah kemampuan pemahaman peserta didik yang berbeda-beda, dan dalam hal ini peserta didik yang masih iqra’ akan diberi bimbingan khusus setelah selesai pembelajaran. Implikasi yang diperoleh dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab senantiasa mempertahankan perannya dalam proses pembalajran dan selalu memberikan motivasi agar peserta didik lebih semangat dalam mengikuti proses pembelajaran yang didukung dengan fasilitas sekolah atau
media pembelajaran yang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 04 Mar 2025 05:29
Last Modified: 04 Mar 2025 05:29
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3983

Actions (login required)

View Item
View Item