Meningkatkan Self Control Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 4 Sigi

Indriani, Ayu (2025) Meningkatkan Self Control Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 4 Sigi. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of ayu indriani.pdf] Text
ayu indriani.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa self control peserta didik pada saat pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Sigi memiliki kontrol diri yang berbeda-beda dalam satu kelas. Ada yang kesulitan dalam mengontrol dirinya dan ada yang secara tepat mengontrol dirinya. Adapun cara meningkatkan self control pada peserta didik yaitu terdapat materi pendidikan agama Islam mengenai kontrol diri, husnuzan, dan persaudaraan pada kelas 10. Selain materi tentang kontrol diri kerjasama antara kepala sekolah dan guru mata pelajaran pendidikan agama Islam yaitu dengan mengadakan program keagamaan kepada peserta didik dan selalu memberi motivasi.
Implikasi dalam penelitian ini yaitu kontrol diri peserta didik tidak hanya di optimalkan pada peserta didik yang ada di kelas 10 akan tetapi pada kelas atas yaitu kelas 11 dan 12 juga di ikut sertakan dalam kegiatan pesantren kilat. Kemudian mengadakan kembali kegiatan malam bina imtaq (MABIT) sebagai upaya dalam meningkatkan kontrol diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 04 Mar 2025 05:47
Last Modified: 04 Mar 2025 05:47
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3996

Actions (login required)

View Item
View Item