Peran Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Partisipasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ushul Fiqih Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu

Indriani, Indriani (2025) Peran Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Partisipasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ushul Fiqih Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Indriani Skripsi.pdf] Text
Indriani Skripsi.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian menemukan terdapat 4 peran penggunaan smartphone dalam pembelajaran sebagai berikut: 1) Smartphone berperan sebagai pengganti infokus. 2) Smartphone berperan sebagai sumber belajar. 3) Smartphone juga dapat digunakan sebagai
media pembelajaran yang interaktif. 4) Smartphone berperan sebagai alat ujian. Kemudian penggunaan smartphone di kelas pada mata pelajaran ushul fiqih telah memberikan dampak positif seperti mempermudah mengakses materi pembelajaran
dan mencari referensi tambahan termasuk mata pelajaran ushul fiqih, menunjang partisipasi peserta didik dalam pembelajaran seperti bertanya dan menjawab pertanyaan, meningkatkan kemampuan digital, mudah dibawa kemana saja dan
dimana saja, membantu perekonomian peserta didik karena tidak perlu memfotocopy buku, serta mengefisiensikan waktu pembelajaran. Selain itu, juga menimbulkan dampak negatif seperti penyalahgunaan smartphone untuk bermain game dan membuka media sosial saat pembelajaran berlangsung, potensi terjadinya kecurangan pada saat ujian berlangsung, mengakses situs-situs yang terlarang, serta terjadinya diskrimansi terhadap peserta didik yang mengikuti sistem boarding
school.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 23 May 2025 07:09
Last Modified: 23 May 2025 07:09
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4253

Actions (login required)

View Item
View Item