PERAN GURU DALAM KEGIATAN RELIGI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN 4 BIAU KABUPATEN BUOL SULAWESI TENGAH

Abdullah, Abdullah (2024) PERAN GURU DALAM KEGIATAN RELIGI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN 4 BIAU KABUPATEN BUOL SULAWESI TENGAH. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of TESIS ABDULLAH 2025                                                       .pdf] Text
TESIS ABDULLAH 2025 .pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang ditulisnya penelitian ini adalah dampak globalisasi yang terjadi saat ini membuat masyarakat melupakan Pendidikan karakter bangsa. Arus globalisasi mengakibatkan merosotnya penanaman dan pembentukan nilai-nilai karakter dan spiritual masyarakat, tindakan kriminal dengan cara menghalalkan segala cara dan tindakan asusila bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat. Kejadian tersebut disebabkan mulai hilangnya karakter bangsa yang ada di dalam masyarakat.
Untuk mengatasi hal tersebut, perlu adanya penanaman dan pembentukan nilai-nilai karakter kepada anak bangsa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru dalam dalam kegiatan religi dalam memebentuk karakter peserta didik di SDN 4 Biau kabupaten Buol Sulawesi Tengah,(2) Tahapan-tahapan atau Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan religi dalam membentuk karakter peserta didik di SDN 4 Biau kabupaten Buol Sulawesi Tengah. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena memberikan gambaran tentang permasalahan melalui analisis dengan menggunakan pendekatan ilmiah sesuai dengan keadaan sebenarnya yaitu untuk mendapatkan deskripsi atau gambaran umum tentang peran guru dalam membentuk karakter peserta didik pada tingkat sekolah dasar di SDN 4 Biau kabupaten Buol sulawesis tengah.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan peran guru sangat penting dalam pembentukan karakter peserta didik, adapun peran guru dalam membentuk karakter peserta didik meliputi guru sebagai pendidik, guru sebagai pembimbing, guru sebagai teladan, guru sebagai inspirator, guru sebagai motivator, guru sebagai evaluator. Proses pembentukan karakter peserta didik melalui beberapa tahapan: pemahaman, pembiasaan, teladan yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: GURU, KEGIATAN RELIGI, KARAKTER PESERTA DIDIK
Subjects: Pendidikan
Divisions: Post Graduate > Magister Islamic Education Management
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 17 Jun 2025 06:52
Last Modified: 17 Jun 2025 06:52
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item
View Item