Hanafiah, Andani (2025) Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Kreativitas Peserta Didik di MAN 1 Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of REVISI FINAL SKRIPSI ANDANI HANAFIAH.pdf]](https://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
REVISI FINAL SKRIPSI ANDANI HANAFIAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “Manajemen Kesiswaan dalam
Pengembangan Kreativitas Peserta Didik di MAN 1 Kota Palu. Penulisan ini berfokus pada (1) Bagaimana manajemen kesiswaan dalam pengembangan kreativitas peserta didik di MAN 1 Kota Palu. (2) Apa saja faktor pendukung penghambat dalam pengembangan kreativitas peserta didik di MAN 1 Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk mengecek keabsahan datanya, digunakan berbagai jenis triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen kesiswaan di MAN 1 Kota Palu telah berperan penting dalam mengembangkan kreativitas peserta didik
melalui berbagai program dan kegiatan baik itu kegiatan akademik maupun kegiatan nonakademiknya madrasah tersebut sangat mendukung peserta didiknya untuk berkreasi dan berfikir kreatif. Sehingga peserta didiknya dapat tumbuh dan
berkembang dengan predikat kreatif oleh dirinya sendiri. Selain itu, madrasah ini telah mengimplementasikan konsep madrasah digital dan madrasah keterampilan, yang memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan
teknologi dan keterampilan hidup lainnya. Melalui pendekatan ini, MAN 1 Kota Palu berupaya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan kreativitas peserta didik, sejalan dengan visi mereka untuk membentuk peserta
didik yang beriman, bertakwa, berprestasi, unggul dalam sains dan teknologi, berwirausaha, serta berwawasan lingkungan.Faktor penghambat dalam pengembangan kreativitas peserta didik yang ada di MAN 1 Kota Palu yaitu sarana
dan prasarana yang masih kurang memadai serta dukungan finansial yang terbatas.karena seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kurangnya fasilitas pendukung kreativitas seperti infocus, listrik dan ruang prakek, dapat membatasi ruang bagi peserta didik untuk mengekspresikan dan mengembangkan ide-ide kreatif mereka. Serta keterbatasan dana dapat menghambat pelaksanaan program atau kegiatan yang bertujuan untuk mengasah kreativitas peserta didik tersebut.
Implikasi. MAN 1 Kota Palu agar dapat mengemabangkan fasilitas pendukung dalam kreativitas peserta didik baik itu sarana maupun prasarana yang dibutuhkan dalam pengembangan kreativitas peserta didik.Wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, pembina OSIM, dan guru BK diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang mendukung kreativitas.Guru Perlu membimbing peserta didik secara aktif agar mereka mampu mengekspresikan ide-ide secara bebas dan bertanggung jawab.Peserta didik untuk sadar bahwa pentingnya dalam
mengembangkan kreativitas mereka
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 05:57 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 05:57 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4286 |