Muhammad, Fadel (2025) DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR KELURAHAN DUYU. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI FADEL 20 MEI 2025.pdf]](https://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FADEL 20 MEI 2025.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (7MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Dampak Game Online terhadap Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelurahan Duyu”. Adapun rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini yaitu, bagaimana dampak game online terhadap peserta didik di sekolah dasar Kelurahan Duyu? dan bagaimana upaya mengatasi dampak negatif
game online terhadap peserta didik di sekolah dasar Kelurahan Duyu? Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekkan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teori, triangulasi data dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Dampak game online terhadap peserta didik di sekolah dasar Kelurahan Duyu yaitu: a. Dampak positif game online terhadap anak usia sekolah dasar di Kelurahan Duyu yaitu: 1). Menumbuhkan semangat belajar teknologi seperti menyalakan, menginstal aplikasi, mereka belajar bagaimana mengatur pengaturan game, menyesuaikan perangkat keras atau mengelola akun online. 2). Meningkatkan kemampuan bekerjasama seperti anak diajak untuk berkomunikasi, berbagi tugas, dan memecahkan masalah bersama. 3). Meningkatkan kemampuan kognitif seperti peningkatan kemampuan pemecahan masalah, peningkatan fokus dan konsentrasi, peningkatan kreativitas, peningkatan kecepatan pengambilan keputusan dan
peningkatan daya ingat. b. Dampak negatif game online terhadap anak usia sekolah dasar di Kelurahan Duyu yaitu anak-anak cenderung berbicara kasar dan kotor seperti umpatan, makian, hinaan, serta mengejek, perubahan pola istirahat dan makan dan kurang terjalin kedekatan yang baik dengan orang tua karena terlalu asik dengan dunianya sendiri. 2. Upaya mengatasi dampak negatif game online terhadap peserta didik di sekolah dasar Kelurahan Duyu yaitu memberikan pemahaman tentang dampak game online, pembatasan waktu penggunaan game online, mengarahkan pada game yang edukatif dan memberikan kegiatan alternatif yang menarik.
Implikasi dari penelitian ini adalah kepada para orang tua agar lebih memiliki pengawasan yang lebih intens kepada anak usia sekolah dasar mengenai penggunaan game online di kalangan anak-anak sekolah dasar. Serta kepada anak usia sekolah dasar agar dapat lebih bertanggung jawab lagi atas tugas utama sebagai seorang pelajar dan dapat lebih selektif dalam memilih waktu untuk bermain game online
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 06:17 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 06:17 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4297 |