Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Khairaat Biromaru

Musa, Siti Rahmawati A. (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Khairaat Biromaru. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SITI RAHMAWATI A. MUSA_211230019_T-IPA.pdf] Text
SITI RAHMAWATI A. MUSA_211230019_T-IPA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Pendididkan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model
pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas VII MTs Al-Khairaat Biromaru. Pendidikan ini memiliki peran penting dalam membentuk individu yang cerdas, berkarakter, dan mampu bersaing di era abad ke-21. Salah satu keterampilan penting yang perlu dikembangkan adalah literasi sains, yang tidak hanya mencakup pemahaman terhadap konsep ilmiah tetapi juga kemampuan berpikir kritis dan bernalar dalam konteks sosial. Dalam konteks pembelajaran IPA di tingkat SMP, pemahaman konsep IPA peserta didik masih tergolong rendah, sebagaimana ditemukan di kelas VII Mts Al-Khairaat Biromaru. Masalah ini diduga terkait dengan metode pembelajaran yang kurang efektif. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik. Model inkuiri
terbimbing melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pemecahan masalah dengan dukungan pertanyaan pengarah dari guru. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPA dan menjadi referensi bagi pendidik dalam memilih metode yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Inkuiri
Terbimbing di Mts Al-Khairaat Biromaru berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas VII. Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing sangat berpengaruh ditandai dengan hasil uji t yaitu dengan nilai signifikan p (0,001) < α (0,05). Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas VII MTs
Al-Khairaat Biromaru. Dari kesimpulan yang diperoleh disarankan agar pendidik di sekolah menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Abu Bakri
Date Deposited: 26 Jun 2025 03:37
Last Modified: 26 Jun 2025 03:37
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4430

Actions (login required)

View Item
View Item