Madinah, Nur (2024) Penerapan Model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat Pusat Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI NUR MADINAH.pdf]](https://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NUR MADINAH.pdf
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model PAIKEMm dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas VII A di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat Pusat Palu, yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disesuaikan dengan materi ajar dan karakteristik peserta didik serta menyiapkan media pembelajaran yang mendukung proses belajar aktif. Tahap pelaksanaan mencerminkan prinsip-prinsip PAIKEM, dimulai dengan kegiatan pembuka berupa sapaan, pengecekan kehadiran, dan apersepsi untuk membangun motivasi belajar. Pada kegiatan inti, guru menyampaikan materi secara interaktif, mendorong peserta didik untuk bertanya dan berdiskusi, serta memberikan tugas individu dan kelompok yang menuntut keterlibatan aktif
peserta didik. Penutupan dilakukan dengan refleksi, penyimpulan materi, dan penyampaian informasi terkait pertemuan selanjutnya. Evaluasi menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memahami materi yang diajarkan, ditunjukkan melalui hasil tugas dan partisipasi aktif selama pembelajaran. Keberhasilan penerapan model ini didukung oleh komunikasi yang efektif, keterlibatan aktif siswa, serta kreativitas guru, meskipun masih terdapat kendala berupa
keterbatasan fasilitas, perbedaan kemampuan bahasa Arab peserta didik, dan sikap belajar yang bervariasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 06:51 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 06:51 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4664 |