Strategi Guru dalam Mencegah Perilaku Bullying Anak di TK PAUD Aisyiyah Dakopemean Kabupaten Toli-Toli

Tarbiyah, Ummi (2024) Strategi Guru dalam Mencegah Perilaku Bullying Anak di TK PAUD Aisyiyah Dakopemean Kabupaten Toli-Toli. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI UMMI TARBIYAH FULL.pdf] Text
SKRIPSI UMMI TARBIYAH FULL.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam mencegah perilaku bullying fisik pada anak di TK Paud Aisyiyah Dakopemean Kabupaten Toli-Toli, para guru menerapkan strategi pencegahan model Olweus dengan menerapkan tiga tindakan intervensi yaitu: melakukan intervensi keseluruhan sekolah dengan mengawasi anak selama di sekolah baik di dalam maupun di luar kelas, melakukan intervensi individu dengan cara menangani setiap tindakan kekerasan yang terjadi antar anak, dan yang terakhir melakukan intervensi dalam kelas dengan memberikan dorongan pada anak untuk berperilaku baik setiap hari. Dalam usaha pencegahan bullying ini, terdapat hambatan yang dihadapi guru, yang pertama, yaitu pola asuh orang tua yang kurang baik dalam mendidik anak
di rumah. Dan yang kedua, sulitnya mengontrol perilaku anak di karenakan ada beberapa anak yang tidak mendengar saat ditegur untuk tidak melakukan tindakan kekerasan, banyaknya jumlah anak yang harus diawasi dan lumayan luasnya lingkungan sekolah sehingga para guru terkadang tidak maksimal dalam memantau anak. Pada penelitian ini juga dideskripsikan solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 22 Sep 2025 07:02
Last Modified: 22 Sep 2025 07:02
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4670

Actions (login required)

View Item
View Item