Fadila, Nurul (2024) Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Labuan Kabupaten Donggala. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama palu.
![[thumbnail of Skripsi Nurul Fadila 191010259.pdf]](https://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Nurul Fadila 191010259.pdf
Download (71MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Labuan telah terlaksana secara sistematis dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Namun
terdapat kekurangan terutama dalam hal jenis atau teknik penilaian autentik yang masih terkesan monoton, belum beragam jika didasarkan pada jenis-jenis teknik penilaian autentik. Pada aspek pengetahuan menggunakan teknis tes tertulis seperti soal esai dan pilihan ganda. Pada aspek sikap menggunakan lembar penilaian sikap harian. Pada aspek keterampilan hanya menggunakan penilaian kinerja. Persepsi guru dan peserta didik terhadap penilaian autentik dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam juga telah menunjukkan hal yang cukup positif. Keterlibatan peserta didik dalam penilaian autentik sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kondisi proses pembelajaran. Penerapan penilaian autentik sudah terlaksana dengan cukup efektif dan cukup berdampak dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran dan hasil belajar mereka, meskipun secara penggunaan teknik penilaian autentik yang diberikan belum
bervariasi. Penilaian autentik tidak terlalu berdampak pada perubahan sikap dan perilaku bagi peserta didik selama proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:08 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 04:08 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4772 |