Apriliyanti, Gina (2024) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Melalui Diskusi Kelompok Peserta Didik Di SDN 6 Banawa Kabupaten Donggala. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of GINA.ok.pdf]](https://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
GINA.ok.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pertama, Bagaimana penerapan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SDN 6 BANAWA? Kedua, Bagaimana kendala dan upaya dalam menerapkan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SDN 6 BANAWA? Ketiga, bagaimana peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam melalui diskusi kelompok di SDN 6 BANAWA? Tujuan penelitian ini adalah Pertama, untuk mengetahui penerapan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SDN 6 BANAWA. Kedua, untuk mengetahui kendala dan upaya dalam menerapkan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SDN 6 BANAWA. Ketiga, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam melalui diskusi kelompok di SDN 6 BANAWA. Metode yang di gunakan dalam penilitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu suatu metode yang menggambarkan hasil penelitian apa adanya berdasarkan data yang ada di lapangan yaitu tentang peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam melalui diskusi kelompok di SDN 6 BANAWA Kabupaten Donggala. Data tersebut di peroleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, dan peserta didik yang di anggap kompoten. Kemudian data yang telah di peroleh tersebut di analisis melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, Penerapan metode diskusi kelompok, siswa dapat mengembangkan keterampilan berbicara, berpikir kritis, dan kerjasama tim. Kedua, kendala dan upaya yaitu kesulitan dalam menarik perhatian peserta didik yang sedikit, jika jumlah peserta didik sedikit tersebut tidak dapat terlibat dalam pembelajaran dengan aktif, maka hal ini dapat menghambat proses pembelajaran. Ketiga, penerapan metode diskusi ini dapat membantu meningkatkan keterampilan berbicara, berpendapat dan analisis peserta didik serta dapat membantu memperdalam pemahaman terhadap topik yang didiskusikan, memiliki keberanian dan meningkatkan mentalitas peserta didik berbicara di depan guru dan teman-temannya. Implikasi penelitian ini adalah hendaknya Guru Pendidikan Agama Islam meningkatkan kemampuannya agar dapat melakukan proses pembelajaran yang lebih baik, sehingga peserta didik termotivasi dan disiplin dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Abu Bakri |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:19 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:20 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4878 |