Saleha, Saleha (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Tuntas Di SMPN 7 Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SALEHA.pdf]](https://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SALEHA.pdf
Download (5MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Tuntas Di SMPN 7 Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala. Rumusan masalah skripsi ini adalah sebagai berikut: 1). Bagaimanakah strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar pada peserta didik melalui model pembelajaran tuntas di SMPN 7 Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala ?. 2). Apa saja kendala yang dihadapi oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar pada peserta didik melalui model pembelajaran tuntas di SMPN 7 Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala ?. Adapun metode yang peneliti gunakan di dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, sehingga peneliti mengumpulkan tiga komponen yaitu; reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Strategi yang digunakan oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan memberikan penguatan, memberikan nilai, mengadakan kompetisi, memberikan pujian, hukuman, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mengadakan ulangan. 2). Kendala yang dihadapi dalam penggunaan model pembelajaran tuntas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam adalah berkaitan dengan kesiapan sumber daya manusia meliputi; pendidik, peserta didik dan orangtua peserta didik, belum adanya kurikulum yang tepat sesuai kondisi sekolah, alokasi waktu yang terbatas, media dan sarana prasarana pendukung belum memadai yang mengakibatkan penerapan pelaksanaan pembelajaran tuntas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam tidak berjalan dengan semestinya. Implikasi penelitian yang pertama ditujukan kepada kepala sekolah SMPN 7 Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala agar selalu mengkoordinir semua guru dan staf yang lain terhadap program dan pengawasan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam, kedua ditujukan kepada guru pendidikan agama Islam diharapkan agar dapat memberikan motivasi, nasehat dan semangat terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik serta dapat menggunakan model pembelajaran lainnya yang berdasarkan pada kurikulum dan kemampuan peserta didik, sehingga dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di dalam kelas bisa tercapai. Peserta didik diharapkan agar lebih patuh dan mampu bekerja sama dalam segala proses pembelajaran serta bisa menyesuaikan diri dengan berbagai macam model pembelajaran yang diberikan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Abu Bakri |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:03 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:03 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4884 |