Wilda, Wilda (2022) Penerapan Media Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Di TK Al Khairaat Laemanta Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of WILDA.pdf]](https://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
WILDA.pdf
Download (4MB)
Abstract
Skripsi ini berkenaan dengan “Penerapan Media Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Di TK Al Khairaat Laemanta Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan media pembelajaran mind mapping di TK Al Khairaat Laemanta Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong? (2) Bagaimana penggunaan media pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan minat belajar anak di TK Al Khairaat Laemanta Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong? Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif, teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data yang digunakan oleh penulis adalah tringulasi data. Tringulasi data adalah pengecekan data dengan cara mengecek atau memeriksa kembali data. Hasil penelitian bahwa 1) Penerapan Media Pembelajaran Mind Mapping di TK Al Khairaat Laemanta Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong bahwa penerapan media mind mapping melalui 2 tahap, tahap pertama yakni tahap persiapan dalam tahap ini guru menyiapkan kegiatan sesuai dengan tema yang berdasarkan RPPH, guru menyiapkan media mind mapping dalam kegiatan pembelajaran. Tahap kedua yakni tahap pelaksanaan untuk memulai kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran mind mapping, guru membagi anak menjadi beberapa kelompok, guru menjelaskan proses pembuatan mind mapping, dan anak bersama guru membahas hasil kerja anak, serta guru melakukan penilaian. 2) Penggunaan media pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan minat anak dalam belajar seperti, anak dapat menyelesaikan membuat mind mapping tanpa bantuan guru (keterlibatan anak), anak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru (perhatian anak), anak dapat mengetahui atas materi yang terdapat di mind mapping dan juga anak mampu membedakan warna-warna yang terdapat di mind mapping, anak bekerja sama dengan teman (ketertarikan anak) serta anak sangat antusias saat membuat mind mapping (perasaan senang). Implikasi penelitian adalah bahwa guru dalam menerapkan media pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan minat belajar anak yaitu dengan cara penerapannya guru memperlihatkan gambar-gambar yang yang sederhana dan akrab untuk anak yang dibuat dengan warna-warni yang unik dan menarik, dan garis yang melengkung serta sedikit kata-kata gagasan yang berkaitan sesuai tema yang terdapat di media mind mapping, agar anak lebih terfokus dan minat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Abu Bakri |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:11 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:11 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4888 |