Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Memilih Maxim Sebagai Jasa Transportasi Online Di Kecamatan Palu Barat Perspektif Ekonomi Islam

Mardiana, Ana (2022) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Memilih Maxim Sebagai Jasa Transportasi Online Di Kecamatan Palu Barat Perspektif Ekonomi Islam. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of ANA MARDIANA.pdf] Text
ANA MARDIANA.pdf

Download (15MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih Maxim sebagai jasa Transportasi Online di Kecamatan Palu Barat Barat Perspektif Ekonomi Islam. Berkenaan dengan hal tersebut, maka uraian Skripsi ini berangkat dari rumusan masalah: Apakah Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa Maxim di Palu Barat?, dan Bagaimana Perspektif Ekonomi Islam Tentang Penggunaan Jasa Transportasi Online Maxim di Kecamatan Palu Barat? Metode atau pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Beberapa faktor faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih Maxim sebagai jasa transportasi Online di Kecamatan Palu Barat yaitu: faktor harga murah, faktor pelayanan yang baik, faktor penggunaan yang fleksibel, faktor promosi, dan yang terakhir faktor teman, adapun perspektif ekonomi Islam tentang penggunaan jasa transportasi Online Maxim di Kecamatan Palu Barat. Dari sisi ekonomi Islam ada beberapa manfaat yang ada pada jasa transposrtasi Online yaitu Kemudahan, Biaya, Waktu, Kenyamanan, dan Keamanan. Implikasi dalam penelitiam ini: Bagi para konsumen diharapkan kepada para konsumen agar lebih teliti dan berhati hati dalam menggunakan jasa transportasi Online. Meskipun terlihat aman akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada individu yang mensabotase dengan modus menunggangi nama jasa tranportasi tertentu, kemudian bagi para driver diharapkan kepada para driver agar lebih loyal dan menjalankan tanggung jawabnya dengan amanah, agar tetap memberikan kenyamanan kepada konsumennya, dan yang terakhir bagi peneliti selanjutnya, masih perlu di teliti secara mendalam mengenai bagaimana konsumen bisa memutuskan untuk menjadi konsumen dengan alasan atau faktor faktor tertentu kepada Maxim sebagai jasa tranportasi Online di Kecamatan Palu Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Economy & Business
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abu Bakri
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:35
Last Modified: 26 Sep 2025 08:35
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4997

Actions (login required)

View Item
View Item