Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAS Alkhairaat Biromaru

Idrus, Mega (2025) Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAS Alkhairaat Biromaru. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Mega Idrus_211010009_PAI (1).pdf] Text
Mega Idrus_211010009_PAI (1).pdf

Download (7MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Sejarah Kebudayaan Islam di MAS Alkhairaat Biromaru menjalankan perannya secara aktif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peran tersebut meliputi: guru sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing,
evaluator, dan motivator. Masing-masing peran dijalankan dengan berbagai metode seperti penggunaan media pembelajaran, diskusi, pemberian motivasi langsung, dan pendekatan personal. Meskipun demikian, masih terdapat kendala seperti kurangnya minat belajar peserta didik, ketergantungan Handphone, perbedaan karakter peserta didik, pengaruh teman sebaya. Namun, guru tetap berusaha memberikan solusi dengan pendekatan yang kreatif dan komunikatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 23 Oct 2025 03:33
Last Modified: 23 Oct 2025 03:33
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5187

Actions (login required)

View Item
View Item