Idrus, Mega (2025) Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAS Alkhairaat Biromaru. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
Mega Idrus_211010009_PAI (1).pdf
Download (7MB)
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Sejarah Kebudayaan Islam di MAS Alkhairaat Biromaru menjalankan perannya secara aktif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peran tersebut meliputi: guru sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing,
evaluator, dan motivator. Masing-masing peran dijalankan dengan berbagai metode seperti penggunaan media pembelajaran, diskusi, pemberian motivasi langsung, dan pendekatan personal. Meskipun demikian, masih terdapat kendala seperti kurangnya minat belajar peserta didik, ketergantungan Handphone, perbedaan karakter peserta didik, pengaruh teman sebaya. Namun, guru tetap berusaha memberikan solusi dengan pendekatan yang kreatif dan komunikatif
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Akun Publik Repository |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 03:33 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 03:33 |
| URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5187 |
