Implementasi Model Learning By Doing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Palu

Djibran, Moh. Syafran S (2025) Implementasi Model Learning By Doing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Palu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Moh. Syafran S. Djibran_02111322001_PAI.pdf] Text
Moh. Syafran S. Djibran_02111322001_PAI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Hasil penelitian mengungkapkan implementasi metode Learning By Doing yang di gunakan ialah diterapkan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler meliputi pembelajaran berkelompok, praktik adzan, dan praktik kaligrafi. Sementara itu, kegiatan ekstrakurikuler
mencakup manasik haji, pengajian atau kajian keagamaan, serta kegiatan Ramadhan. Dan implementasi metode Learning by Doing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Palu. Melalui keterlibatan langsung dalam kegiatan praktik, peserta didik menjadi lebih aktif, cepat paham, dan mampu menerapkan materi dengan lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. Implementasi metode Learning by Doing di SMA Negeri 3 Palu juga berdampak positif, seperti pemahaman materi lebih
mendalam, meningkatnya keterampilan, dan dukungan terhadap kurikulum.
Namun, masih ada tantangan seperti keterbatasan guru, media pembelajaran, dan
perubahan kurikulum yang tidak stabil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Post Graduate > Magister Islamic Education
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 23 Oct 2025 03:31
Last Modified: 23 Oct 2025 03:31
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5191

Actions (login required)

View Item
View Item