Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasikan Variasi Pembelajaran di SDIT Al-Fatih Kabupaten Sigi

Lamaga, Fitri Ekawati (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasikan Variasi Pembelajaran di SDIT Al-Fatih Kabupaten Sigi. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI FITRI EKAWATI SELESAI.pdf] Text
SKRIPSI FITRI EKAWATI SELESAI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasikan variasi pembelajaran tercermin pada beberapa aspek, yaitu: (1) sebagai pengajar, guru menerapkan variasi gaya mengajar melalui intonasi suara, pemusatan perhatian verbal dan non verbal, kesenyapan, kontak pandang, serta gerakan dan perpindahan posisi; memanfaatkan media sederhana berupa buku cetak dan gambar; serta menerapkan pola interaksi terbatas pada
ceramah dan tanya jawab. (2) sebagai pembimbing, guru memberikan bimbingan individual secara langsung, memperbaiki kesalahan menulis secara perlahan, dan membuka kesempatan bertanya. (3) sebagai fasilitator, guru menyediakan media
pembelajaran relevan, meski pemanfaatannya masih terbatas. (4) sebagai motivator, guru memberikan dorongan verbal dan membangun keberanian peserta didik untuk bertanya. Faktor pendukung implementasi variasi pembelajaran meliputi
ketersediaan media pembelajaran seperti buku paket dan gambar cetak berwarna. Adapun faktor penghambat antara lain perbedaan gaya belajar peserta didik, belum optimalnya pemanfaatan media yang tersedia, keterbatasan penerapan variasi pola interaksi serta kesulitan menjaga fokus peserta didik selama pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 28 Oct 2025 06:40
Last Modified: 28 Oct 2025 06:40
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5267

Actions (login required)

View Item
View Item