Leni, Leni (2025) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD DDI Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
SKRIPSI LENI.pdf
Download (5MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di SD DDI Palu terlaksana secara efektif melalui pelaksanaan peran sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator. Kepala
sekolah tidak hanya menjadi teladan, tetapi juga aktif membina dan membimbing guru untuk meningkatkan kinerja mereka. Hal ini diwujudkan melalui pelatihan berkala, arahan terhadap strategi pembelajaran, serta supervisi yang dilakukan secara rutin dan terstruktur. Komunikasi yang harmonis dan suportif antara kepala sekolah dan guru turut membentuk lingkungan kerja yang kondusif dan kolaboratif. Selain itu, kepala sekolah menunjukkan kemampuan perencanaan
program kerja yang baik, pengelolaan sumber daya yang efisien, serta mendorong inovasi pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi dan penerapan metode berbasis proyek. Kepemimpinan yang adaptif, inspiratif, dan partisipatif ini
terbukti berkontribusi secara langsung terhadap peningkatan motivasi, kompetensi, dan profesionalisme guru, sehingga berdampak pada kualitas proses dan hasil pembelajaran di SD DDI Palu.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Education > Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Akun Publik Repository |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 02:36 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 02:36 |
| URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5293 |
