Khair, Abdul (2018) Metode Hiwar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Putra Awwabin Palu. Other thesis, IAIN Palu.
absul khair.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Dalam pelaksanaannya, penerapan metode Hiwar dalam pembelajaran Bahasa Arab di pondok pesantren Putra Awwabin Palu cukup efektif, hal ini dilakukan melalui 8 cara yaitu : Ustadz memberikan ucapan salam, atau menyampaikan beberapa pertanyaan, Ustadz membacakan materi pelajaran, Ustadz mendengarkan, dan buku tertutup, Ustadz mendengarkan bacaan, Ustadz membacakan kembali dengan bacaan yang baik, sementara santri mendengarkan sambil melihat buku, Ustadz mendengarkan bacaan, Ustadz, lalu meniru dan mengulanginya, secara kelompok, sambil melihat buku, Ustadz mendengarkan bacaan Ustadz, lalu meniru dan mengulanginya, secara bersama-sama, sambil melihat buku, Ustadz menyuruh seorang atau dua orang santri mendengarkan, lalu meniru dan mengulanginya apa yang dibacakan Ustadz. dilakukan sambil melihat buku. Sedangkan dalam pelaksanaan metode hiwar di Pondok Pesantren Putra awwabin Palu terdapat faktor pendukung yakni : suasana lingkunga yang terbiasa dengan menggunakan bahas Arab dan sering mengikuti kegiatan atau perlomaan sedangkan kendala dalam penerapannya adalah santri yang belum mengenal bahas Arab, alat bantu peraga yang digunakan, kurangnya minat belajar bahasa Arab, kurangnya referensi, pengaruh media elektronik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ainul Yaqin 007 |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 06:18 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 06:18 |
URI: | http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/557 |