Pettalongi, Sagaf S (2010) Manajemen Pengembangan Tenaga Kependidikan Dan Peserta Didik (Analisis Pendekatan Manajemen Mutu). Ta'dieb.
Sagaf S. Pettalongi, Manajemen Pengembangan Tenaga Kependidikan dan Peserta Didik (Analisis Pendekatan Manajemen Mutu).pdf
Download (113kB)
Abstract
Salah satu unsur dan komponen yang memegang peran penting dalam proses pembelajaran adalah tenaga kependidikan dan peserta didik. Tenaga kependidikan adalah unsur pelaksana utama dalam proses pembelajaran, yakni tenaga pendidik (guru), tenaga perpustakaan, laboran dan tenaga administrasi. Sedangkan peserta didik adalah komponen yang menjadi mitra dan obyek dari tugas dan fungsi tenaga kependidikan. Peran dan pengaruh unsur-unsur ini menjadi penting dalam perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Kualitas pembelajaran banyak ditentukan dari peran dan kualitas yang dimiliki unsur-unsur tersebut. Dalam konsep Total Quality Management (TQM) semua unsur di atas perlu dikelola dan dikembangkan ke arah peningkatan komitmen dan profesionalitasnya agar dapat melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan peserta didik dan masyarakat. Oleh karenanya, proses rekrutmen tenaga kependidikan harus dilakukan berdasarkan alur dari konsep pengembangan manajemen sumber daya manusia. Sedang peserta didik selaku mitra tenaga kependidikan dalam mewujudkan tujuan pembelajaran, juga perlu dikelola dan dikembangkan agar potensi yang dimilikinya dapat terus berkembang dan bisa berpartisipasi aktif dalam mewujudkan tujuan pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Tenaga Kependidikan, dan Peserta Didik |
Subjects: | Education > Education (General) |
Depositing User: | Ainul Yaqin Usman S.I.P. |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 16:43 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 04:37 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/959 |