Triana, Dani (2025) Pengaruh Literasi Digital, Promosi, dan Manfaat Terhadap Penggunaan aplikasi BRIMo (Studi pada Nasabah di Bank BRI Unit Sabang). Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of Skripsi Dani Triana(215150014) (1).pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Dani Triana(215150014) (1).pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi digital, promosi, dan manfaat terhadap penggunaan aplikasi BRIMo pada nasabah BRI Unit Sabang. Pada era digital seperti sekarang, aplikasi mobile banking menjadi solusi penting untuk mempermudah transaksi perbankan, salah satunya adalah BRIMo. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada nasabah Bank BRI Unit Sabang yang telah menggunakan
aplikasi BRIMo. Analisis data dilakukan menggunakan metode statistik, yaitu uji
regresi linier berganda dengan alat bantu statistik SPSS (Statistical Packaged For Sosial Siences) versi 27, untuk menguji pengaruh literasi digital, promosi, dan manfaat terhadap penggunaan aplikasi BRIMo. Teknik analisis ini digunakan untuk mengidentifikasi pengaruh antar variabel yang diteliti. Selain itu, uji validitas dan reliabilitas dilakukan guna memastikan bahwa instrumen penelitian
yang digunakan memenuhi standar penelitian ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi digital (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan aplikasi BRIMo, dengan hasil uji Thitung 3.869 > Ttabel 1.988, dan nilai signifikansi (sig.)
0,000 < 0,05. Variabel promosi (X2) secara parsial berpengaruh terhadap penggunaan aplikasi BRIMo yang dibuktikan dengan hasil uji Thitung 3.828 > Ttabel 1.988, dan nilai signifikansi (sig.) 0,000 < 0,05. Variabel manfaat (X3) secara parsial berpengaruh terhadap penggunaan aplikasi BRIMo yang dibuktikan dengan hasil uji Thitung 3.157 > Ttabel 1.988, dan nilai signifikansi (sig.) 0,002 <0,05. Adapun hasil perhitungan uji ANOVA (Analysis of Varians), menunjukkan bahwa literasi digital, promosi dan manfaat berpengaruh signifikan secara simultan terhadap penggunaan aplikasi BRIMo pada nasabah Bank BRI Unit Sabang yang dibuktikan dengan niai F-test sebesar .000 < 0,05, dan nilai Fhitung 283,156 > Ftabel 2,71.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Economy & Business Economy & Business > Islamic Business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 06:55 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 06:55 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4278 |