Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Peserta Didik Kelas VII di MTs Alkhairaat Pusat Palu

Hayaunnisa, Fitriani (2025) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Peserta Didik Kelas VII di MTs Alkhairaat Pusat Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI Fitriani Hayaunnisa PBA.pdf] Text
SKRIPSI Fitriani Hayaunnisa PBA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam konteks pendidikan, media pembelajaran yang efektif sangat penting untuk menarik minat peserta didik dan memfasilitasi pemahaman materi. Video animasi sebagai media pembelajaran menawarkan kelebihan dalam menyajikan informasi yang menarik dan interaktif, yang dapat membantu peserta didik lebih mudah memahami hal-hal yang diajarkan. Penelitian ini membahas tentang penerapan media pembelajaran berbasis video animasi pada pembelajaran bahasa Arab di MTs Alkhairaat Pusat Palu beserta hasil yang di peroleh dari penggunaan media tersebut dalam membantu penguasaan kosakata peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, di mana peneliti melakukan dokumentasi, observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Arab dan beberapa pihak yang dianggap terlibat dalam penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi di MTs Alkhairaat pusat Palu. Hasil wawancara menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi mampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik dan meningkatkan motivasi belajar. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi di Madrasah tersebut terlaksana dengan sangat baik hal ini didukung dengan adanya ketersediaan fasilatas yang sangat bermanfaat. Penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi juga dapat membantu dalam penguasaan kosakat bahasa Arab di kalangan peserta didik, dan memberikan rekomendasi untuk penggunaan lebih lanjut dalam proses pembelajaran di masa depan. Implikasi yang diperoleh dari penelitian ini berupa peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Arab yang lebih menarik dan efektif juga dapat mendorong pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab yang lebih inovatif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 11 Sep 2025 05:29
Last Modified: 11 Sep 2025 05:29
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4616

Actions (login required)

View Item
View Item