Analisis Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Asrama dan Non Asrama di MTs Alkhairaat Siniu

Nurfaizah, Nurfaizah (2025) Analisis Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Asrama dan Non Asrama di MTs Alkhairaat Siniu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of file skripsi nurfaizah.211010059.pdf] Text
file skripsi nurfaizah.211010059.pdf

Download (87MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak. Dimana peserta didik asrama memliki nilai rata-rata pada semester 1 (ganjil) yaitu 82 dan pada semester 2 (genap)
mempunyai nilai rata-rata 81. Sedangkan nilai rata-rata peserta didik non asrama pada semester 1 (ganjil) yaitu 80,83 dan untuk semester 2 (genap) memiliki nilai rata-rata 80,33. Sehingga selisih pada semester 1 (ganjil) adalah 82 - 80,83= 1,17 dan untuk semester genap yakni 81 - 80,33 = 0,67. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan prestasi belajar peserta didik pada semester genap yaitu fase penyesuaian peserta didik, kurang fokus dan kurangnya perhatian terhadap tugas tambahan. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru akidah akhlak di MTs Alkhairaat Siniu dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik yaitu
pemberian motivasi, menciptakan suasana belajar yang nyaman dan upaya yang akan dilakukan yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran dari segi metode pembelajaran di MTs Alkhairaat Siniu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 23 Sep 2025 04:12
Last Modified: 23 Sep 2025 04:12
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4774

Actions (login required)

View Item
View Item