Pengaruh reward terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Palu

Sardira, Sardira (2023) Pengaruh reward terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI SARDIRA FULL .pdf] Text
SKRIPSI SARDIRA FULL .pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Reward Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas X MAN 1 Kota Palu. Dengan rumusan masalah Apakah terdapat pengaruh reward terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih di kelas X MAN 1 Kota Palu .
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui pembagian angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana dan uji T. Adapun sampel yang digunakan di dalam penelitian ini sebayak 54 peserta didik kelas X di MAN 1 Kota Palu.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Reward terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas X MAN 1 Kota Palu dapat dilihat dari uji statistik diperoleh nilai 9.311 > 1.675 dan memiliki
nilai signifikan (sig) 0.000 pada tabel 4.19 coefficients dengan nilai α (tingkat signifikan) 0,05. Artinya 0,000 < 0.05 yang dimana artinya bahwa Ha diterima, “terdapat pengaruh positif Reward terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 1 Kota Palu. Adapun besaran pengaruhnya dapat dilihat pada koefisien determinasi (R Square) besaran pengaruh reward (X) terhadap minat
belajar (Y) yaitu 0,625 atau 62,5% dibulatkan menjadi 63% sedangkan sisanya 37% di pengaruhi oleh fakor-faktor yang lain diluar variabel bebas.
Implikasi dari penelitian ini yaitu kepada peserta didik diharapkan lebih antusias, aktif dan semangat ketika guru memberikan reward guna untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas. Kepada guru untuk lebih kreatif dalam menyajikan proses pembelajaran. Salah satunya dengan pemberian reward bagi peserta didik yang aktif di kelas. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Kepada Kepala Sekolah untuk dapat mendukung dan menfasilitasi serta bekerja sama dengan guru dalam rangka meningkatkan minat belajar peserta didik, salah satunya dengan menyediakan dana bagi guru untuk keperluan pemberian reward.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Reward; Minat Belajar; Peserta Didik; Palu
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:24
Last Modified: 02 Jan 2024 06:24
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2653

Actions (login required)

View Item
View Item